Sejarah SMA negeri 1 Pecangaan

SMA Negeri Pecangaan berdiri pada tahun 1984 dengan surat keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 26 April 1984. Awal berdirinya, SMA Negeri 1 Pecangaan menempati gedung SMP Negeri 3 Pecangaan (sekarang SMP N 2 Pecangaan) dengan kegiataan belajar mengajar dilakukan sore hari tepatnya pukul 13.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Kemudian, tahun ke-2 SMA N 1 Pecangaan menempati gedung baru tepatnya tanggal 28 Mei 1985. Gedung sekolah ini awalnya sesuai dengan rencana tata ruang sekolahmenghadap ke utara karena tanah sebelah timur waktu itu milik kantor Kecamatan Pecangaan.

Kepala Sekolah pertama adalah Bpk. H. Wahyudi, B.Sc. yang bertugas sebagai Kepala Sekolah pengampu (sementara). Karena, Bapak H. Wahyudi, B.Sc. adalah kepala sekolah SMA N 1 Jepara. Kemudian, tahun 1985 kepala sekolahnya adlah Bapak Soemijarto, B.A. Beliau adalah guru geografi SMA N 1 Kudus.</p><p> Selama kepemimpinan Bapak Soemijarto, B.A. sangat disiplin, tegas, dan berwibawa dan mampu menjadi teladan bagi semua warga sekolah. Beliau sangat konsisten terhadap lingkungan yang bersih, dan hijau atau sekolah yang berkonsep Greenschool.

SMA N 1 Pecangaan awal berdirinya terdiri dari 3 rombongan belajar yang jumlahnya 120 siswa atau tepatnya 3 kelas, dan sebagian besar guru pengajarnya berasal dari SMA N 1 Jepara. Setelah kurang lebih 10 tahun dipimpin oleh bapak Soemijarto, B.A. sekolah ini telah mencapai puncak, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Sebagai bukti banyak siswa yang lulus dengan nilai baik dan banyak diterima di perguruan tinggi negeri. Sedangkan dibidang non akademik banyak prestasi yang diraih, misalnya lomba cerdas tangkas P4 sampai tiga kali berturut-turut tingkat Karisidenan Pati.

Setelah lama pengapdiannya di sekolah ini, bapak Soemijarto, B.A. akhirnya diangkat sebagai pengawas pendidikan menengah umum kantor wilayah Propinsi Jawa Tengah, dan sebagai penggantinya adalah bapak Drs. L. Soenoto, M.Pd. beliau adalah kepala sekolah SMA N 1 Bangsri yang salah satu kenangan yang masih kita lestarikan adalah beliau penulis syair lagu Mars SMA N 1 Pecangaan yang lagu itu diaransemen oleh bapak Herasmanto salah satu guru seni musik yang sekarang sudah alih tugas di SMP N 1 Kembang.

Setelah bapak Drs. L. Soenoto, M.Pd. diangkat menjadi pengawas pendidikan menengah umum kantor wilayah jawa tengah, sebagai penggantinya adalah bapak Drs. Mubarizien Z, M.M, kemudian bapak Drs. Waluyo, M.M, dan mulai bulan Juli 2007 adalah bapak Drs. H. Hery Purwanto yang sebelumnya adalah kepala sekolah SMA N 1 Mlonggo.

Perjalanan 24 tahun SMA N 1 Pecangaan pada tahun 2008 sudah memiliki 21 dengan jumlah 856 siswa, Guru pengajar dan karyawan 75 orang serta sarana pendukung proses belajar SMA N 1 Pecangaan antara lain 2 lab komputer, 1 lab bahasa, 3 lab IPA, 1 lab IPS, 1 sarana ibadah masjid Baiturrahman, 1 perpustakaan, lapangan sepakbola, bola basket, bola voli, bola takrow, 1 ruang musik, 1 ruang OSIS, PMR, dan Pramuka, 1 ruang koperasi siswa, kantin sekolah yang cukup megah dan nyaman, dan tempat parkir sepeda motor yang representative.